Dinsos dan BPBD Haltim Berencana Tinjau Lokasi Banjir Desa Wasileo

Foto: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) H. Azis Ajarat

MABA, MALUTTODAY.com – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Halmahera Timur (Haltim)  H. Azis Ajarat mengaku jika hari ini timnya bersama dengan BPBD turun ke lokasi bencana, guna mengecek kembali dampak banjiryang terjadi di Desa Wasileo.

“Kami baru mendapat informasi secara umum itu kemarin, jadi hari ini tim kami dengan BPBD langsung turun ke lokasi untuk diverifikasi kembali guna mengecek kembali barapa banyak yang terkena musibah dan kebutuhannya warga apa-apa saja,” ujarnya.

Dalam peninjauan ke lokasi ini, timnya juga sudah menyiapkan sedikit logistik untuk diberikan kepada warga yang terkenan bencana, berupa makanan. Sebab, saat ini belum mengetahui apa-saja yang menjadi kebutuhan para korban bencana itu.

“Jadi setelah tim melakukan verifikasi dan sudah mengetahui jumlah para korban bencana, maka akan disalurkan bantuan sesuai apa yang menjadi kebutuhan para korban,” cetusnya.

Azis mengaku cukup menyesalkan dalam penanganan bencana seperti ini, tidak ada anggaran khusus untuk bantuan bencana dari pemerintah. Meski sudah berulangkali diusulkan dari tahun ke tahun, namun tidak diakomodir.

“Selama ini hanya bantuan dari povinsi dan sebenarnya harus ada dana bencana khusus dari pemerintah, tetapi sampai sekarang tidak,” pungkasnya.

Perlu diketahui, hujan deras yang terjadi sejak hampir sepekan kemarin menyebakan banjir di Desa Wasileo, Kecamatan Maba Utara dan merendam seluruh rumah warga yang sebanyak 155 unit. Dimana puncak banjir terjadi pada Selasa (15/1/2019). (zilo) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *