Hujan Deras Sejak Hampir Sepekan, Rendam 155 Rumah di Desa Wasileo

Foto: Banjir rendam ratusan rumah di Desa Wasileo. (Yudhi/Maluttoday)

MABA, MALUTTODAY.com – Hujan deras yang terjadi sejak hampir sepekan kemarin menyebakan banjir di Desa Wasileo, Kecamatan Maba Utara dan merendam seluruh rumah warga yang sebanyak 155 unit. Dimana puncak banjir terjadi pada Selasa (15/1/2019).

“Banjir tersebut telah terjadi sejak sepekan terakhir, namun puncak banjir terjadi Selasa pagi kemarin sekitar pukul 10.00 Wit. Karena hujan terjadi sejak semalam dan puncak banjir itu terjadi pada pagi jam 10, jadi banyak  rumah warga yang terendam banjir,” ungkap Aidin Ence warga Desa Wasileo.

Ia juga mengatakan, dengan kejadian tersebut warga setempat akhirnya terpaksa meninggalkan rumah mereka dan mengungsi ke sanak keluarga mereka yang berada di desa tetangga. Sedangkan untuk warga transmigrasi terpaksa harus bertahan di rumah mereka meskipun dalam kondisi tumah mereka terendam.

Foto: Banjir rendam ratusan rumah di Desa Wasileo. (Yudhi/Maluttoday)

“Kalau masyarakat lokal dong mengungsi di keluarga yang ada di desa lain. Sedangkan sebagian tidak mengungsi dan memilih bertahan di rumah khususnya warga transmigrasi,” jelasnya.

Dikatakannya, hingga kini belum ada bantuan dari pemerintah daerah dan kecamatan dan baru ada upaya dari pemerintah desa dan BPD untuk merelokasi warga yang rumahnya terendam.

“Pemdes dan BPD juga sudah menyurat kepada Pemkab Haltim melalui Nakertrans, yang di kirim melaui WA karena kita sangat jauh dari ibu kota kabupaten,” cetusnya

Warga sendiri sangat membutuhkan bahan pangan, kasur, selimut dan juga bantal lainnya karena semua rumah warga terendam sehingga tidak tersisa.

“Yang pasti untuk saat ini warga sangat meminta pemda agar bertindak cepat karena bantuan sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Haltim Edmon Djafar hingga berita ini diturunkan belum dapat dikonfirmasi akibat gangguan jaringan. (zilo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *