Elemen Pemuda Desak Percepat Pelantikan Bupati Haltim

Foto: Elemen pemuda Haltim desak percepat pelantikan bupati. (Yudhi/Maluttoday)

MABA, MALUTTODAY.com – Elemen pemuda bersatu yang berhimpun dibawah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendesak pemerintah mempercepat proses pelantikan bupati Halmahera Timur (Haltim).

Untuk itu, mereka mendesak Pemerintah Kabupaten Haltim dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara agar segera berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri.

Ketua KNPI Haltim, Zulkifli Djafar mengatakan, KNPI bersama seluruh OKP serta LSM Ampera Haltim mendesak ke Pemkab dan DPRD agar segera mempercepat proses peralihan Plt bupati ke bupati definitif.

“Karena proses transisi kemimpinan ini ada jeda waktunya. Untuk itu, kami meminta ke tim teknis agar serius dalam menangani hal ini,” kata Zulkifli Djafar pada konfrensi pers, Selasa malam (15/1/2019) bertempat di Wales Popo, Maba.

Selain itu, ia melihat jika tim teknis dalam menangani persoalan ini tidak serius dan ini sengaja diulur. Sementara sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang dimuat dalam undang-undang, jika sudah melewati 18 bulan maka sudah tidak bisa diproses lagi. Sehingga nantinya pelaksana tugas (Plt) hanya bisa menjalankan tugas sendiri.

Desakan yang sama  juga dikatakan oleh Sekjen LSM Ampera Muhibu Mandar mengatakan, jika apa yang diinginkan ini bukan semata-mata keinginan pribadi, melainkan hal ini sudah bagian dari tuntutan undang-undang.

“Jadi, DPRD maupun tim teknis agar secepatnya proses pelantikan dan dilanjutkan proses pemilihan wakil bupati. Dan, kalau ini tidak secepatnya dilakukan maka nantinya akan menjadi penghambat terkait dengan soal pelayanan maupun terkait terbatasnya kebijakan,” cetusnya. (zilo) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *