Gelar Pesona Budaya Kepulauan Rempah Resmi Dihelat Pada 10-15 Desember 2018

JAILOLO, MALUTTODAY.com – Gelar Pesona Budaya Kepulauan Rempah yang dipusatkan di lapangan Festival Teluk Jailolo (FTJ) Desa Gufasa, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Senin (10/12/2018) malam, dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Halmahera Barat, Danny Missy.

Turut hadir dalam gelaran ini Tim PCO Kementerian Pariwisata, yakni Rahma Akbari dan Okta Septirini. Kemudian Asiten I Setda Halbar Fence Muluwere, Asisten II Setda Halbar Markus Saleki, Kajari Halbar A.Ag Satya Markandeya, perwakilan Dandim, Koramil Jailolo 1501-03 Kapten Inf. Yani Paunno, Ketua STPK / Banau Dr. Dadang Indahyana, Staf Ahli Fredi Budiman dan Para SKPD pemda Halbar serta para tamu undangan yang berjumlah kurang lebih 100 orang.

Kegiatan ini diawali dengan tarian soya-soya yang dibawakan oleh sangar Gamlamo, dari Desa Gamlamo, Kecamatan Jailolo. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh para tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Fence Muluwere selaku Ketua Panitia mengatakan Kementerian Pariwisata RI kembali lagi melaksanakan satu event bertajuk gelar pesona budaya kepulauan rempah di wilayah Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halbar.

Halbar dipercaya mampu menjaga eksistensi dalam pelestarian nilai budaya. Terbukti , Halbar mendapat sejumlah penghargaan kebudayaan. Hal ini sejalan dengan visi-misi Pemerintah Kabupaten Halbar, mewujudkan masyarakat Halbar yang cerdas, religius, berbudaya, sehat, sejahtera yang bermoral dan berintegritas.

“Untuk sukses visi-misi ini maka salah satu indikator adalah meningkatkan berekonomi daerah berbasis industri, pertanian, perikanan, pariwisata dan budaya degan pendidikan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Dalam event ini akan menampilkan aktrasi tarian, musik tradisional dan nyayian ideal dengan melibatkan 21 sangar aktif di Halbar. Selain bertujuan melestarikan budaya kegiatan ini juga merupakan langkah untuk memasarkan kearifan lokal, sebagai tambahan mengembangkan potensi suatu di daerah ini.

“Kegiatan ini diselenggarakan dari hari Senin tanggal 10 sampai hari Sabtu tanggal 15 Desember 2018. Dana dalam kegiatan ini bersumber dari Kementerian Pariwisata RI. Pada acara penutupan hari Sabtu Kementerian RI akan menghadirkan artis daerah atas nama Vicky Salamor,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Halbar, Danny Missy dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara gelar pesona budaya kepulauan rempah ini merupakan bagian kegiatan yang telah dicanangkan oleh Kementerian RI berdasarkan UU No 10 tahun 2009 pada bidang Pariwisata dan Kebudayaan, yang dimana saat ini nilai kebudayaan di Indonesia telah mendapat respon positif diseluruh negara dan dunia.

“Acara ini akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 10 sampai dengan 15 Desember 2018 dan juga acara ini bertujuan sebagai penutup di tahun 2018, dimana acara Gelar pesona budaya kepulauan rempah ini akan dihiburkan oleh artis daerah, yaitu Vicky Salamor, artis dari Ambon,” ungkap Danny.

Ditambahkan Danny, acara gelar pesona budaya kepulauan rempah ini telah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata RI dan Pemda Halbar.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh elemen masyarakat Halbar, mari kita bersama-sama mendukung dan memeriahkan acara ini agar selalu berjalan dengan aman dan lancar. Degan ini saya membuka acara gelar pesona budaya kepulauan rempah di Kabupaten Halbar dengan resmi, yang ditandai dengan pemukulan gong yang bertanda kegiatan ini telah dibuka dengan resmi,” tandasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *