DPPKB Halbar: Kontrasepsi Pria Capai Target

JAILOLO, MALITTODAY.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) telah mencapai target untuk Metode Operasi Pria (MOP) tahun 2018 yang ditargetkan hanya 4 (empat) orang tetapi telah melebihi target mencapai 19 orang sudah terpasang.

Kepala DPPKB Halbar, Hajari Adam kepada Maluttoday, Senin (15/10/2018) mengatakan, berdasarkan target tahun ini, yang ditetapkan sesuai akseptor atau peserta KB sesuai standar Permintaan Pelayanan Masyarakat (PPM) telah melebihi target. Berbeda dengan tahun 2017 kemarin tidak ada peminat.

“Tahun ini MOP sangat tinggi jumlah peminatnya,” ungkap Hajari.

Sedangkan Metode Operasi Wanita (MOW) tahun ini, lanjut Hajari, dari aksiktor atau target PPM sebanyak 14 orang tetapi sudah tercapai 18 orang. Berbeda dengan tahun kemarin ditargetkan 45 orang namun tercapai hanya 41 orang.

Selain itu, Hajari menjelaskan, alat kontrasepsi yang biasa digunakan sebanyak 7 jenis yakni pil, kondom, suntik, aiud, spiral, implan MOP dan MOW.

“Untuk jangka pendek adalah pil, kondom, dan suntik. Sedangkan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) seperti implan-implan bertahan sampai 3 tahun, untuk aiud mulai dari 5 tahun sampai 25 tahun,” terangny.

Hajari menambahkan, pihaknya tetap berupaya bersama petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) untuk tetap menerima pelayanan 30-50 orang disetiap desa. Apalagi kemarin sudah dilakukan di Desa Tuniku Kecamatan Jailolo Selatan speserta KB yang sudah terpasang sebanyak 174 orang baik pemasangan kontrasepsi. Dan, sementara masuk daftar tunggu 3 Kecamatan yakni Jailolo, Ibu Tengah dan Loloda. (ssd)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *