KM Kairos Rute Bitung-Batang Dua Dikabarkan Hilang, 20 Penumpang Belum Ditemukan

TERNATE, MALUTTODAY.com – Sebuah kapal motor bermuatan sembako bersama 20 penumpang dikabarkan hilang di perairan antara Bitung dan Batang Dua, Kota Ternate.

Kapal Motor (KM) Kairos, sebelumnya bertolak dari Bitung, Sulawesi Utara pada pukul 01.00 WITA, Minggu (12/8) dengan tujuan Pulau Mayau, Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate.

Bacaan Lainnya

Dengan perkiraan waktu tempuh 11 jam atau sekitar pukul 12.00 WIT sudah tiba di Pulau Mayau.

Namun, hingga Senin (13/8/2018) kapal berukuran 10 GT dan lambung berwarna kuning ini belum juga tiba di pelabuhan Pulau Mayau.

“Terima info dari bapak Simon Suyanto (Kelasi GPM Ternate) bahwa KM Kairos yang direncanakan tiba TW 0812 12.00 WIT, hingga saat ini belum tiba di Pelabuhan Pulau Mayau,” demikian keterangan tertulis dari Kantor SAR Ternate yang diterima Maluttoday, Senin (13/8/2018).

Kantor SAR Ternate telah melakukan koordinasi dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Stasiun Radio  Operasi Pantai (SROP) Bitung dan Ternate.

Dikabarkan KM Kairos melakukan pelayaran tanpa dilengkapi Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dari pelabuhan Bitung. Sehingga cukup menyulitkan proses pencarian.

Meski demikian, Tim Rescue Kantor SAR Ternate juga telah bergerak menggunakan KN. Pandudewanata 237 beserta peralatan evakuasi melakukan pencarian diperairan antara Bitung dan Batang Dua. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *