Budidaya Sayuran dan Ikan Modern Dengan Sistem Aquaponik di Kelurahan Togafo

TERNATE, MALUTTODAY.com – Ada pemandangan yang berbeda ketika berkunjung ke Kantor Kelurahan Togafo, Kecamatan Ternate Barat. Selain nampak lebih asri, gemercik air menambah kesan menenangkan.

Ada mahasiswa KKN-PPM UGM 2018 Togafo, yang berhasil membuat aquaponik di kolam kantor tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurut Koordinator Tim, Ikhwana bahwa pembuatan aquaponik ini memakan waktu cukup singkat, yakni dua hari.

Ikhwana menjelaskan, aquaponik merupakan sistem penanaman terpadu antara tanaman dan perikanan yang kini mulai berkembang di Indonesia.

Selain efisien, kata dia, hasil panen dari sistem pertanian aquaponik ada dua macam, yaitu sayuran atau buah dan ikan.

“Aquaponik kami terapkan di Togafo bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang sistem pertanian ini. Selain itu juga agar masyarakat teredukasi tentang inovasi pertanian yang bisa memanfaatkan kolam ikan yang ada di rumah-rumah,” ujar Ikhwana kepada Maluttoday, belum lama ini.

Lanjut Ikhwana, dengan sistem aquaponik, ibaratnya sekali dayung dua tiga pulau terlewati.

“Aquaponik memiliki keunggulan terkait jenis hasil panen. Tanaman, apakah itu sayur atau buah dan juga ikan. Keduanya, saling menguntungkan. Tumbuhan mendapatkan nutrisi dari ikan, ikan mendapatkan filter air sehingga menjadi bersih,” terang Ikhwana.

Mereka berharap setelah berakhirnya KKN ini, pengenalan dan kegiatan yang selama dilakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kelurahan Togafo.

“Kegiatan yang kita sudah dilakukan, seperti teras rumah baca dan pengenalan aquaponik ini. Masyarakat bisa menanam sayur dan buah sendiri dengan memanfaatkan sistem ini sehingga bisa menghemat lahan dan mendapatkan keuntungan ganda dengan diterapkannya sistem aquaponik,” harap Ikhwana. (dch)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *