Gempa Tektonik M 4,1 Guncang Kabupaten Pulau Morotai

DARUBA, MALUTTODAY.com – Gempabumi tektonik di wilayah Kepulauan Pulau Morotai atau arah barat laut Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara terjadi hari ini pukul 21:33:18 WIT.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M 4,1 terjadi dengan koordinat episenter pada 2,48 LU dan 128,16 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 29 km arah barat laut Pulau Morotai, Propinsi Maluku Utara pada kedalaman 10 km.

Bacaan Lainnya

Menurut laporan masyarakat, dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di daerah Kecamatan Morotai Barat dan Morotai Jaya dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hingga pukul 22:33 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Kepulauan Morotai diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Demikian keterangan tertulis Kepala Stasiun Geofisika Manado
Irwan Slamet, yang diterima Maluttoday, Rabu malam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *