Togafo Miliki Rumah Baca ‘Teras Cerdas’

TERNATE, MALUTTODAY.com –  Kelurahan Togafo, Kecamatan Pulau Ternate memiliki ruang belajar publik atau lebih dikenal dengan rumah baca yang dinamakan ‘Teras Baca’.

Pendirian rumah baca ini diinisiasi oleh mahasiswa peserta KKN-PPM Universitas Gajah Mada (UGM) 2018. Rumah baca ini diresmikan oleh Lurah Togafo.

Bacaan Lainnya

Menurut Koordinator Tim Teras Cerdas, Ridho, keberadaan rumah baca ini dimaksudkan untuk memfasilitasi ruang belajar publik yang bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan di Kelurahan Togafo.

Persemian Rumah baca ini ditandai dengan penandatangan plakat oleh Lurah Togafo dan kordinator tim teras cerdas.

“Teras Cerdas bisa menjadi learning space sekaligus learning center Kelurahan Togafo. Sehingga, meskipun adik-adik pulang pertanda jam belajar formal usai, Teras Cerdas bisa mewadahi semangat belajar adik-adik di kesehariannya. Karena kami yakin, pendidikan menjadi faktor penting dalam peningkatan kualitas hidup warga,” ujar Ridho dalam rilisnya yang diterima maluttoday, Selasa (7/8/2018).

Lanjutnya, di dalam Teras Cerdas terdapat beberapa fasilitas, seperti perpustakaan mini, alat bermain anak-anak, poster informasi dan wawasan umum.

Selepas peresmian Teras Cerdas, mahasiswa peserta KKN-PPM UGM melakukan presentasi dan menyampaikan hasil kegiatan mereka yang dilakukan selama 50 hari di Kelurahan Togafo.

“Alhamdulillah, semua program yang dahulu kami sosialisasikan berjalan dengan lancar. Ada sekitar 48 program yang sudah kami jalankan yang beberapa diantaranya jadi program unggulan,” terang Yusuf didampingi Reza sebagai koordinator mahasiswa sub-unit dalam presentasinya.

Yusuf menjelaskan beberapa produk unggulan seperti pembuatan kelompok kreatif kelurahan, memproduksi sirup pala, abon ikan dan nugget ikan.

Tim KKN-PPM UGM juga berhasil membuat peta yang memuat informasi penting Kelurahan Togafo seperti persebaran lansia, balita serta ibu hamil.

Kemudian, dalam sektor agro, papar Yusuf, tim KKN-PPM UGM juga berhasil membuat sistem pertanian terpadu aquaponic yang terintegrasi dengan kolam yang ada di Kantor Lurah Togafo.

Diakhir acara, mahasiswa peserta KKN-PPM UGM menyelenggarakan pameran hasil kegiatan yang dihadiri oleh masyarakat kelurahan Togafo. (dch)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *