oleh

Lolos Seleksi GBN, Charlin Terpilih Wakil Malut Tampil di Istana Negara

JAILOLO, MALUTTODAY.com – Kemampuan siswa-siswi di Kabupaten Halmahera Barat di bidang seni olah vokal tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pasalnya, empat siswa yang lolos menjadi bagian dari paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) 2018 dari Provinsi Malut salah satunya siswi dari Halmahera Barat.

Adalah Charlin Maitale, siswi kelas XI SMA Dian Halmahera, Sahu Timur ini berhasil meraih satu tiket dalam audisi GBN tingkat Provinsi Malut yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Malut.

“Saat ini Charlin menjalani karantina pemusatan latihan di Gedung Wisma Kinasih, Jakarta,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Halbar, Chuzaemah Djauhar, Minggu (5/8/2018).

Pemusatan latihan paduan suara GBN 2018 tersebut, lanjut Chuzaemah, sesuai jadwal dimulai sejak 1-15 Agustus 2018.

Kata Emma, sapaan akrab Chuzaemah Djauhar, pada 16 Agustus, Charlin dan ratusan peserta paduan suara GBN akan tampil di Gedung DPR/MPR menghadiri sidang istimewa DPR dengan agenda pidato kenegaraan Presiden RI menyambut HUT RI.

“Keesokan harinya peserta GBN mengikuti upacara detik-detik proklamasi dan akan tampil di Istana Negara. Dan mereka baru akan kembali daerah masing-masing pada tanggal 19 Agustus 2018,” cetusnya.

Sekedar diketahui, GBN adalah wadah generasi muda dari seluruh Indonesia dalam bidang musik, yang dibentuk khusus untuk mengisi acara kenegaraan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sejak 2003, GBN yang kini dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ialah paduan suara dan orkestra yang anggotanya dipilih dari 34 provinsi. Sebanyak 136 orang berada di bagian paduan suara dan 72 di bagian orkestra.

Untuk anggota paduan, dipilih empat orang dari tiap provinsi untuk mewakili empat suara, yaitu dua perempuan sopran dan tenor serta dua laki-laki bersuara alto dan bass.

Sementra itu, Charlin Maitale mengaku sangat kegembira bisa ambil bagian di ajang nasional ini.

“Saya sangat berterima-kasih kepada orang tua, para guru, teman-teman dan semua pihak terutama Pemda Halbar dan Pemprov Malut yang telah memberikan dorongan, hingga saya bisa berkesempatan ambil bagian dalam ajang ini. Mudah-mudahan saya bisa memberikan yang terbaik,” tandasnya. (red)

Komentar

+Indeks