Ini Imbauan Linjam Kepada Calon Jamaah Haji Asal Maluku Utara

MAKKAH, MALUTTODAY.com – Sudah kerap terjadi jamaah haji asal Indonesia, tersesat saat di tanah suci. Bahkan, jika tidak diantisipasi dan waspada jamaah haji beberapa menjadi korban penipuan.

Untuk itu, dalam pembinaan dan bimbingan jamaah haji oleh tim PPIH bidang Perlindungan Jamaah (Lijam) mengimbau terkait keamanan, kenyamanan dan keselamatan jamaah haji Indonesia, Kamis (2/7/2018).

Pertama, agar waspada terhadap keamanan sekitar pemondokan.

Kedua, memakai identitas baik gelang maupun tanda pengenal lainnya.

Ketiga, menjaga kekompakan saat bepergian atau tidak berpergian sendirian.

Keempat, membawa alat komunikasi hp, serta nomor telepon atau kartu lokasi hotel/alamat petugas kloter/sektor/daker saat berpergian.

Kemudian yang kelima, waspada dengan ajakan orang yang tidak dikenal, serta tidak membawa uang yang berlebihan dan perhiasan yang mencolok perhatian orang asing saat berpergian.

Keenam, memastikan keadaan kamar saat hendak meninggalkan kamar , seperti listrik, peralatan elektronik, koper dan pintu kamar dalam keadaan terkunci.

Ketujuh, mengikuti ketentuan dengan tidak memasukan tamu tidak dikenal.

Dan terakhir atau kedelapan, jamaah yang merokok agar mengunakan fasilitas smooking area dan pastikan api pada puntung rokok bekas pakai sudah mati.

“Dengan pembinaan tersebut, diharapkan para CJH, khususnya kloter 7 bisa memahaminya dengan baik dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” harap Kasi Informasi Pelayanan Haji Kanwil Agama Provinsi Maluku Utara, Tahmid Abubakar. (dch)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *