Pelni Gelar Mudik Gratis di Wilayah Maluku Utara, Berminat?

Foto: Mudik gratis bareng BUMN/Pelni. (Dickhy/maluttoday)

TERNATE, MALUTTODAY.com – PT Pelni Cabang Ternate tahun ini menyediakan sarana mudik gratis. Dengan mengusung tema ‘Mudik Bareng BUMN 2018’ – menfasilitasi masyarakat yang hendak pulang kampung dengan kapal Pelni.

“PT Pelni Cabang Ternate, menggelar mudik gratis bagi masyarakat, dengan menggunakan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 40. Mudik gratis yang dilakukan ini baru pertama kali digelar. Mudik gratis melayani rute Ternate, yang menghubungkan beberapa daerah di kabupaten/kota di Maluku Utara, dengan syarat para pemudik harus memiliki KTP untuk mendapatkan tiket gratis,” kata Kepala Pelni Cabang Ternate, Benny Baskoro, Selasa (5/6/2018).

Bacaan Lainnya
Foto: Kepala Pelni CabangTernate, Benny Baskoro. (Dickhy/maluttoday)

Lanjut dia, mudik gratis ini, pelni menyediakan satu unit kapal, yang melayani beberapa kabupaten/kota di Maluku utara serta Bitung, Sulawesi Utara. Masyarakat mudah mendapatkan tiketnya, cukup dengan menunjukan kartu tanda penduduk (KTP) kepada petugas.

“Para pemudik sudah mendapataan tiket gratis, mudik gratis, berlaku di pelabuhan Ahmad  Yani Ternate,  selanjutnya kapal akan menyinggahi  beberapa kabupaten/kota, yakni  Kota Tidore, Pigaraja, Madapolo, Laiwui, Sanana, Dopo, Tikong, Lede dan Bobong pulang-pergi (PP),” jelasnya.

Foto: KM Sabuk Nusantara 40 yang melayani mudik gratis. (Dickhy/maluttoday)

Sedangkan untuk di tanggal 11 Juni 2018, KM Sabuk Nusantara 40 kembali diberangkatan dari Ternate tujuan Mayau, Bitung, Tobelo dan Daruba sebaliknya. Angkutan penumpang gratis ini hanya berlaku sekali perjalanan.

”Jadi para pemudik yang mendapatkan tiket gratis itu melalui rute awal, yakni di pelabuhan Ahmad Yani Ternate, selain tiket berlaku seperti biasanya,” ujar Benny.

Sementara itu Kepala KSOP Kelas II B Ternate, Taher Laitupa menambahkan dari sisi keselamatan penumpang mudik lebaran ini sudah sesaui dengan jumlah perlengkapan yang ada. Bahkan, jika di temukan kapal yang membandel akan berikan sanksi.

Foto: Kepala KSOP Kelas II B Ternate, Taher Laitupa menyerahkan tiket secara simbolis kepada calon penumpang. (Dickhy/maluttoday)

Para pemudik mengaku senang dan terbantu dengan adanya mudik gratis ini, karena kami rindu untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman, untuk merayakan lebaran idulfitri bersama. “Mudik gratis ini baru pertama, sehingga kedepannya hal seperti ini terus dilakukan oleh BUMN,” harap Watila La Onso.

Meski lebaran tinggal dua pekan lagi, namun terpantau para pemudik mulai memadati pelabuhan Ahmad Yani Ternate, seperti terpantau dua kapal penumpang KM Ratu Maria tujuan Loloda, Pulau Moroati dan KM Permata Bunda dengan tujuan Sanana dipadati penumpang. (dch)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.