Ribuan Surat Suara Rusak, Ini yang Dilakukan KPU Ternate

Foto: Surat suara rusak (Dickhy/maluttoday)

TERNATE, MALUTTODAY.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate menemukan ribuan surat suara rusak dan tidak layak pakai. Penemuan itu setelah dilakukannya penyortiran dan pelipatan kertas surat suara calon gubernur dan wakil gubernur Propinsi Maluku Utara 2018, sejak Sabtu (2/6).

Foto: Ketua KPU Kota Ternate Ismed Saupala. (Dickhy/maluttoday)

“Sebanyak 116.971 kertas surat suara calon gubernur dan wakil gubernur Propinsi Maluku Utara telah dilakukan penyortiran dan pelipatan oleh KPU Kota Ternate. Melibatkan puluhan masyarakat, berlangsung di kantor KPU Kota Ternate,” jelas Ketua KPU Kota Ternate Ismed Saupala.

Bacaan Lainnya

Hari kedua, kata Ismed, penyortiran dan pelipatan surat suara ini KPU Kota Ternate, menemukan 1.289, surat suara yang mengalami kerusakan. Kerusakan yang didapati seperti kertas surat suara yang berlubang, tidak memiliki gambar dan kotor pada bagian foto pasangan calon akibat terkena tinta.

Foto: Surat suara rusak (Dickhy/maluttoday)

Penyortiran dan pelipatan, dibagi dalam 5 kelompok, dimulai sejak Sabtu (2/6) hingga Senin besok (4/6). Dihari kedua ini, KPU sudah menyelesaikan 57.860, lembar surat suara. Sehingga dipastikan penyortiran dan pelipatan yang dilakukan akan selesai tepat waktu yang ditargetkan selama tiga hari.

“Kertas surat suara yang ditemukan rusak tersebut, mereka akan berkoordinasi dengan Panwas Kota Ternate, guna memastikan kerusakan tersebut. Sehingga KPU bisa melakukan langkah pergantian kertas surat suara ke KPU Provinsi Maluku utara,” terang Ismed.

Foto: Surat suara rusak (Dickhy/maluttoday)

Setelah penyortiran dan pelipatan dilakukan, kertas surat suara tersebut baru akan didistribusikan ke  7 kecamatan, yang terdiri dari 314 TPS, jelang H-2 (H min dua) bersamaan petugas pengamanan TPS. (dch)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *