Dandim 1508 Tobelo Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Foto: Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 73 pada tanggal 1 Juni 2018, digelar di lapangan upacara Kodim 1508/Tobelo. (Istimewa)

TOBELO, MALUTTODAY – Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 73 pada tanggal 1 Juni 2018, digelar di lapangan upacara Kodim 1508/Tobelo, jalan Kawasan Pemerintahan, Desa MKCM,  Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Jumat (01/06/2018).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto, Komandan Upacara Pasi Intel Dim 1508/Tobelo Kapten Inf Fiqih Saikhulkhuda Arij Qodri, Perwira Upacara Pasi Ops Dim 1508/Tobelo Kapten Arh Mohamad Ali. Dengan tema ‘Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi, Berprestasi’.

Bacaan Lainnya

Turut hadir Bupati Halut Ir. Frans Manery, Kapolres Halut AKBP Irvan Indarta, Danyonif Satgas RK 732/Banau Letkol Inf Raymond Lambok M. Sitanggang, Ketua DPRD Kabupaten Halut Yulius Dagilaha, Kajari Halut M. Yusuf Tangaai, Plh. Ketua Pengadilan Negeri Tobelo Adhi Satrija Nugroho, Sekda Kabupaten Halut Fredy Tjandua.

Dok: Ist

Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Robi Manuel, Danpos Lanal Tobelo Serka Zulkarnaen, Para Pimpinan Perangkat Daerah Pemkab. Halut, para Perwira Staf Dim 1508/Tbl, Purnawiran, Warakawuri, Korpri, pelajar serta peserta upacara terdiri dari 2 SST  gabungan personel Kodim 1508/Tobelo beserta Koramil jajaran, 1 SST personel Kipan C Yonif RK 732/Banau, 1 SST personel Satpol PP Halut, 1 SST Kader Bela Negara.

Dalam sambutan tertulis Presiden RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Letkol Kav Tri Sugiarto bahwa sebentar lagi kita akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 73.

Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun,  Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber – Bhineka Tunggal Ika. “Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Dok: Ist

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu,  berdaulat, adil dan makmur.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Marilah kita terus amalkan warisan mulia para Founding Fathers ini untuk kemajuan bangsa dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustads,  para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya, tutupnya.

Dok: Ist

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada Purnawirawan dan Warakauri yang di serahkan oleh Bupati Halut, Dandim 1508/Tbl dan Kapolres Halut. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *