Sejumlah Kecamatan di Halbar Tersalurkan Beras Rastra

JAILOLO, MALUTTODAY.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Halmahera Barat mengaku telah mendistribusikan beras sejahtera. Pendistribusian kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) diklaim sudah sesuai juknis program Rastra tahun 2018.

Kadis Sosial Halbar Samsuri Madjid, dalam rilisnya, Kamis (24/5/2018), mengatakan telah lounching penyaluran beras rastra dengan sasaran KPM pada Januari lalu. Melingkupi Kecamatan Jailolo, Sahu dan Sahu Timur.

Bacaan Lainnya

Masing-masing KPM di tiga kecamatan tersebut, lanjut Samsuri, menerima jatah rastra dua bulan (Januari – Februari).

Pasca lounching hingga saat ini, kata Samsuri, sebagian besar KPM telah menerima bansos tersebut sesuai petunjuk SK Dirjen Penanganan Fakir Miskin nomor 13/4/SK/HK.01/03/3018 tanggal 29 maret 2018.

Seperti Kecamatan Ibu Selatan, Kecamatan Ibu, Kecamatan Tabaru dan Kecamatan Jailolo Selatan, masing – masing KPM telah menerima tiga bulan (Januari, Februari, dan Maret).

“Bahkan KPM yang ada di Kecamatan Loloda sudah tersalurkan sampai dengan bulan Mei,” ungkapnya.

Dalam proses penyaluran Bansos Rastra tersebut diakui Samsuri, terdapat kendala yang bukan karena kelalaian atau ketidak-pedulian Dinas Sosial Halbar, melainkan dari Bulog sendiri selaku distributor yang memasok stok beras tidak sesuai jumlah KPM di masing-masing kecamatan.

Seperti yang terjadi di tiga desa di Kecamatan Sahu Timur (Desa Golago Kusuma, Air Panas dan Sidodadi.

Kondisi yang sama aku Samsuri, juga terjadi di lima desa di Kecamatan Jailolo yakni Desa Payo, Bobo Jiko, Payo Tengah, Saria dan Buku Maadu.

“Jadi kendalanya bukan di Dinas Sosial, karena pada prinsipnya kami siap menerima dan meneruskan penyaluran beras rastra sampai ke KPM,” tegas Samsuri.

Walaupun demikian, selaku instansi teknis, pihaknya tidak mendiamkan masalah ini.

Bersama Wakil Bupati, Asisten II Setda Halbar dan Staf Ahli Bupati Halbar bidang Kemasyarakatan telah mengkordinasikan masalah ini dengan pihak Bulog Ternate agar segera ditindak lanjuti.

“Kami sudah rapat, pihak Bulog Ternate bersama Tikor Kabupaten siap merealisasikan beras rastra tiga bulan terakhir kepada KPM yang belum menerima,” pungkasnya.(ssd).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *